Selasa, 03 Maret 2009

Nikmatnya Minum Kopi

Minum kopi sekarang udah jadi gaya hidup. Oleh karena itu Coffee shop atau kedai kopi akhir-akhir ini mulai banyak diburu. Nggak hanya buat penggemar kopi, tapi juga orang awam.

Namun secangkir kopi di coffee shop kadang kantong pelajar seperti kita langsung kempes. Pastinya nggak mau kan? Nah, kali ini Manikam bakal ngebahas soal kopi buat kamu-kamu semua yang doyan minum kopi tanpa harus ke coffee shop!

1. Proporsi kopi
Takaran tepat menghasilkan kopi nikmat. Gunakan 2 sendok makan kopi bubuk (10 gram) untuk setiap 180 ml air. Kalau terlalu tajam, bisa ditambah sedikit air panas.

2. Air
Air harus segar, dan bersih. Kalau mengandung zat besi gunakan penyaring air, dan jangan menggunakan air sulingan. Panaskan air antara 90-96°C. Tunggu 30-60 detik sebelum dituang ke gelas.

3. Trik variasi minuman
Tambahan bahan seperti susu, whip cream, atau ice cream akan memperkaya cita rasa dan aroma kopi.

Pengolahan bahan tersebut lumayan gampang. Untuk penyajian dingin, susu diblender dengan kopi lalu didinginkan. Setelah itu ditambah ice cream atau whip cream sebagai topping. Bisa juga ice cream diblender bersama kopi (atau populernya bernama milk shake)

Untuk penyajian panas kopi tentu saja nggak melalui proses pendinginan. Jadi setelah diblender, bisa langsung di beri whip cream. Intinya kreasi kopi tergantung dari kamunya mau bikin yang seperti apa.

Gimana? Relatif gampang kan? Dijamin kamu bisa coba sendiri dirumah!
Tapi jangan buru-buru bikin dulu, masih ada yang mau kita bahas nih! Kali ini kita bahas jenis-jenis kopi yang populer di dunia. Jadi kamu bisa nentuin kopi mana yang mau kamu coba.

1. Arabika
70% kopi di dunia adalah kopi arabika ini. Kopi ini terkenal dengan rasa, aroma, dan keasamannya yang pas.

2. Robusta
Rasa kopi robusta lebih asam daripada kopi arabika, menjadikan harganya lebih murah karena orang tidak begitu suka kopi yang terlalu asam.

3. Decaf
Kopi jenis ini kafeinnya tinggi sekitar 80%, jadi harus diproses dulu sebelum didapat bubuk kopi dengan kadar kafein yang sudah berkurang.

4. Kopi instan
Kopi tinggal seduh, tidak memiliki ampas, dan sudah mengandung takaran tertentu. Kelemahan kopi ini adalah aroma dan keasamannya kurang terasa.

5. Kopi Luwak
Eits! Siapa bilang Indonesia nggak kenal budaya minum kopi? Buktinya kopi luwak asli Indonesia adalah salah satu kopi bercita rasa paling tinggi di dunia. Kenapa bisa begitu?

Binatang luwak terkenal hanya makan buah kopi paling merah dan tua. Biji kopi yang sudah dicerna dikeluarkan lagi lalu dikumpulkan lengkap dengan getah pembungkusnya.

Ternyata enzim dalam perut luwak menyebabkan fermentasi alami yang berakibat pada meningkatnya kelezatan dan cita rasa biji kopi tersebut. Bahkan pecinta kopi kelas duniapun mengakui kelezatannya!

sumber: Minuman Kopi Favorit

1 komentar:

ashaa.ashoo mengatakan...

KOPI LUWAK ITU DARI FESES KAN .
jijai bajay cuihcuih .

enakan teh darimana juggaaaaa !!